Sejarah Tari Modern

Sejarah Tari Modern - Tari modern yakni bentuk tarian yang dikembangkan pada awal era ke-20. Meskipun istilah tari modern juga telah diterapkan pada kategori ballroom 20th Century tarian, tari modern sebagai istilah yang biasanya mengacu pada era ke-20 konser tarian. 

Tari  modern yakni bentuk  tarian yang dikembangkan pada awal era ke Sejarah Tari Modern
 
Asal Pada awal 1900-an penari Amerika Isadora Duncan dan Ruth St Denis dan penari Jerman Maria Wigman mulai memberontak terhadap batasan-batasan yang kaku Ballet Klasik. Shedding kontrol sewenang-wenang sekitarnya teknik balet klasik, kostum, dan sepatu, awal ini perintis tari modern berfokus pada diri-ekspresi kreatif, bukan pada keahlian teknis. Tari modern yang lebih santai, gaya bebas di mana koreografer tarian memakai emosi dan suasana hati untuk merancang langkah-langkah mereka sendiri, berlawanan dengan aba-aba terstruktur balet yang langkah. Memiliki penggunaan yang disengaja gravitasi, sedangkan balet berusaha untuk menjadi terperinci dan lapang. Eropa Di Eropa, Maria Wigman, Francois Delsarte, Émile Jaques-Dalcroze, dan Rudolf von Laban membuatkan teori pergerakan insan dan ekspresi, dan metode pengajaran yang mengarah pada perkembangan Eropa ekspresionis modern dan tarian. Teori-teori dan teknik mereka menyebar baik di luar Eropa untuk mensugesti perkembangan tari modern dan teater melalui siswa dan murid-murid mereka, dan generasi berikutnya guru dan penyanyi membawa teori-teori dan metode ke Rusia, Amerika Serikat dan Kanada, Inggris, Australia dan New Selandia.
Sejarah
* 1891 - Loie Fuller (rok penari yang bersifat olok-olok) mulai bereksperimen dengan imbas pencahayaan gas telah di sutra kostum. Fuller membuatkan sebuah bentuk gerakan alam dan improvisasi teknik yang dipakai dalam hubungannya dengan pencahayaan revolusioner peralatan dan kostum transparan sutra. Dia dipatenkan dengan pegawapemerintah dan metode pencahayaan panggung yang meliputi penggunaan gel berwarna dan pembakaran materi kimia untuk pendaran, dan juga dipatenkan nya sutra tebal kostum panggung.
* 1903 - Isadora Duncan membuatkan teknik tari dipengaruhi oleh filsafat dari Friedrich Nietzsche [rujukan?] Dan keyakinan bahwa tarian Yunani kuno [rujukan?] (Alam dan bebas) yakni tarian masa depan. Duncan membuatkan filsafat tari didasarkan pada konsep alam dan spiritual dan menganjurkan untuk penerimaan tari murni sebagai seni tinggi.
* 1905 - Ruth St Denis, dipengaruhi oleh pemeran Sarah Bernhardt dan Jepang Sadha penari Yacco, membuatkan terjemahan nya kebudayaan dan mitologi India. Pertunjukan nya dengan cepat menjadi terkenal dan ia mengunjungi sementara secara ekstensif meneliti budaya dan seni Oriental.
Fuller, Duncan dan St Denis mencari semua melaksanakan tur Eropa yang lebih luas dan lebih mendapatkan penonton untuk pekerjaan mereka. Ruth St Denis kembali ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pekerjaannya. Isadora Duncan kembali ke Amerika Serikat pada aneka macam titik dalam hidupnya, tetapi pekerjaannya tidak terlalu baik diterima di sana. Dia kembali ke Eropa dan meninggal di Paris pada tahun 1927. Fuller kerja juga menerima proteksi kecil di luar Eropa.
Awal tari modern Pada tahun 1915, Ruth St Denis Dorthy mendirikan sekolah dan menari Denishawn perusahaan dengan suaminya Ted Shawn. Sementara St Denis bertanggung jawab atas sebagian besar karya kreatif, Shawn bertanggung jawab untuk mengajar teknik dan komposisi. Martha Graham, Doris Humphrey, dan Charles Weidman semua murid di sekolah dan anggota perusahaan dansa.
* 1923 Graham daun Denishawn untuk bekerja sebagai artis solo di Greenwich Village Follies. * 1928 Humphrey dan Weidman meninggalkan Denishawn untuk mendirikan sekolah mereka sendiri dan perusahaan (Humphrey-Weidman). * 1933 Shawn nya semua pria mendirikan kelompok tari Ted Shawn and His Men Penari berbasis di Jacob's Pillow peternakan di Lee, Massachusetts.
Setelah shedding teknik dan metode komposisi guru-guru mereka penari modern awal membuatkan metode mereka sendiri dan ideologi dan teknik tari yang menjadi dasar bagi praktik tari modern.
* Martha Graham (dan Louis Horst)
* Doris Humphrey dan Charles Weidman dan Martha Graham
* Helen Tamiris - awalnya dilatih dalam pergerakan bebas (Irene Lewisohn) dan balet (Michel Fokine) 
Tamiris berguru sebentar dengan Isadora Duncan tetapi tidak menyukai pementingan pada verbal langsung dan gerakan liris. Tamiris percaya bahwa setiap tari harus menciptakan ekspresif sendiri dan dengan demikian berarti tidak membuatkan gaya individu atau teknik. Sebagai koreografer Tamiris menciptakan karya menurut tema-tema Amerika bekerja di kedua konser musik tari dan teater.
* Lester Horton - menentukan untuk bekerja di California (tiga ribu mil jauhnya dari sentra tari modern - New York), Horton membuatkan pendekatan sendiri yang menggabungkan unsur-unsur bermacam-macam termasuk penduduk orisinil Amerika Jazz tarian dan modern. Horton's dance technique (Lester Horton Technique) menekankan pendekatan seluruh badan termasuk; fleksibilitas, kekuatan, koordinasi, dan kesadaran badan untuk mengizinkan kebebasan berekspresi.
* Ted Shawn Eropa ekspresionis modern dan tari
* Émile Jaques-Dalcroze (Eurhythmics) * Rudolf Laban * Kurt Jooss * Mary Wigman * Harald Kreutzberg
Amerika popularisasi Modern Dance Pada tahun 1927 surat kabar secara teratur mulai menugaskan para kritikus tari, menyerupai Walter Terry, dan Edwin Denby, yang mendekati penampilan dari sudut pandang sebuah gerakan seorang hebat bukan sebagai reviewer musik atau drama. Pendidik diterima tari modern ke dalam kurikulum perguruan tinggi tinggi dan universitas, pertama sebagai bab dari pendidikan jasmani, maka sebagai seni pertunjukan. Banyak perguruan tinggi tinggi guru yang dilatih di Bennington Summer School of the Dance, yang didirikan di Bennington College di tahun 1934.

Dari aktivitas Bennington, Agnes de Mille menulis, "... ada percampuran yang baik dari semua jenis seniman, musisi, dan perancang, dan kedua, alasannya yakni semua mereka yang bertanggung jawab untuk pemesanan rangkaian konser perguruan tinggi tinggi di seluruh benua itu berkumpul di sana. ... bebas dari striktur membatasi dari tiga besar pengurus monopoli, yang mendesak untuk preferensi klien mereka di Eropa. Sebagai akibatnya, untuk pertama kalinya Amerika penari disewa untuk wisata nasional Amerika, dan ini menandai awal solvabilitas mereka. " (de Mille, 1991, hal 205)

Anda menyukai artikel ini?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Tari Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel